NOVEMBER CANDRI ARYA

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH UNTUK PERUSAHAAN, ORGANISASI ATAU PERORANGAN - Hubungi 0812-878-30009 (Non SMS), 0815-4636-700 WhatsApp : 0815-4636-700

Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran Online

Sebagian orang kini telah memilih pemasaran online sebagai alternatif untuk meraih sukses bisnisnya, dan sebagian yang lain akan menyusul !

Mengapakah ?

Karena sebagian besar pembeli sudah beralih berbelanja dengan cara online !

Maka ketika bisnis kita masih mempertahankan sistem pemasaran konvensional dan belum menggunakan strategi pemasaran online (misalnya menggunakan toko online atau web company profil), artinya bisnis kita akan berpotensi kehilangan sebagian pangsa pasar, dan sebentar lagi berpotensi akan kehilangan lebh banyak pasar, seiring dengan semakin banyaknya para pembeli yang dari waktu ke waktu beralih ke sistem pembelian online.

"Sistem pembelian online dari berbagai toko online yang tersebar diduna maya, kini lebih banyak dilirik bukan karena trend atau mode saja, agar terlihat lebih kekinian, tapi mereka memandang sistem pembelian online tersebut lebih efektif dan efisien, selain itu, mereka merasa lebih banyak punya alternatif yang bisa mereka pilih secara cepat, dibanding ketika mereka harus ke pasar mampir dari satu toko ke toko lainnya".

Pemasaran Online Lebih Edukatif

Pemasaran online atau cara pembelian online itu lebih edukatif. Edukatif dari sisi penjual ataupun pelaku bisnis online.

Keduanya lebih dituntut untuk belajar mengetahui strategi. Pelaku bisnis online dengan straegi pemasaran online, sementara dari sisi pembeli, setidak-tidaknya mereka dituntut untuk mampu mengoperasikan gadget dengan baik khususnya yang berkaitan dengan aplikasi berselancar di internet atau aplikasi web untuk mencari dan membeli produk.

Ini berbeda dengan pasar dan pembeli konvensional yang tidak memerlukan syarat itu, dengan kata lain, mereka yang gaptekpun bisa menjadi pemasaran konvensional atau pembelian konvensional.

So, pada akhirnya baik penjual maupun pembeli online dituntut untuk cerdas menjual dan cerdas membeli.

Keyword Sebagai Titik Tolak Pencarian

Ketika kita mencari sesuatu di google atau yahoo, kita pasti mengetikan sebuah kata atau kalimat, kemudian kita berharap mesin pencari dapat dengan cepat menampilkan data atau informasi yang benar-benar akurat atau setidaknya mendekati apa yang kita butuhkan.

Olah karena itu, kami menyebut bahwa dalam keyword terdapat harapan untuk menemukan sesuaty yang sedang kita pikirkan atau sedang kita butuhkan.

Harapan itu adalah, agar search engine menyajikannya sesuai dengan yang paling dekat, valid dan paling relevan sesuai harapan tersebut.

Kegagalan search engine ketika menyajikan data yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita, merupakan tugas berat search engine dari masa ke masa.

Search engine terus memperbaikai algoritma atau mekanisme pencarian agar dapat memilih web yang paling relevan untuk ditampilkan dihasil pencarian dengan sebuah kata kunci tertentu, maka web web hoax, web dengan data tidak valid atau yang sejeninsya akan disingkarkan dihasil pencarian masa mendatang.

Kemudian dari usaha untuk dapat menampilkan data yang valid itulah, search engine mengeluarkan syarat-syarat, serta aturan, bagi para pemilik web, agar dari waktu ke waktu data yang disajikan tidak salah atau paling tidak mendekati harapan seseorang yang mencari informasi.

Contents Web Sebagai Titik Tolak Hasil Pencarian

Untuk memperbaiki hasil pencarian di search engine, agar lebih valid dan relevan atas apa yang dicari seseorang inilah yang menyebabkan pelaku bisnis online terkena peraturan-peraturan atau syarat dari search engine seperti google atau yahoo ketika mereka membangun webnya.

"Apabila keyword sebagai titik tolak pencarian, maka contents web merupakan titik tolak hasil pencarian, itulah sebabnya mengapa search engine fokus memberikan petunjuk atau aturan dari sisi contents web dan terus memperbaharui algoritma atau mekanisme pencarian, ini dasar yang harus diketahuai dalam pemasaran online.

Oleh karena itu rahasia sukses terbesar dari pemasaran online adalah jika kita bisa membangun contents web sebaik-baiknya dengan mengikuti petunjuk terkini yang diberikan oleh mesin pencari".

Untuk sukses di pemasaran online, contents web yang baik itu bukan saja contents yang baik untuk mesin pencari, akan tetapi baik juga untuk para pengunjung web kita.

Informasi valid dan terkini sangat dibutuhkan untuk disajikan dalam web, agar pengunjung dapat menerima manfaat atau menemukan informasi atas apa yang mereka sedang butuhkan.

Mulai Membangun Pemasaran Online Yang Handal

Dari sisi pembeli, kita mungkin tidak perlu banyak memberikan edukasi tentang cara membeli.

Bberbeda jika kita pandang dari sisi pelaku bisnis online, mereka harus lebih banyak belajar tentang teknik-teknik pemasaran online hingga teknik persaingan di dunia online.

Itulah sebabnya, mengapa artikel tentang cara sukses bisnis online atau pemasaran online jauh lebih banyak, dibanding artikel atau tips tentang cara membli didunia online.

"Sekarang kita sudah tau ya, bahwa KEYWORD selalu berpasangan dengan CONTENTS WEB, karena KEYWORD merupakan titik tolak PENCARIAN, sementara CONTENTS WEB merupakan titik tolak HASIL PENCARIAN-nya, pahami ini sebagai modal dasar kita untuk mulai membangun web".

Menyelaraskan Keyword dengan Contents Web

Mari kita mulai !

Mana yang lebih dulu, menentukan keyword atau menulis contents web ?

Sebetulnya banyak analogi untuk menjelaskan, apakah lebih dulu keyword atau contents, tapi daripada nanti malah membuat bingung, langsung kita jawab saja, bahwa :

Keyword harus ditentukan lebih dulu daripada penulis contents web.

Pertanyaan berikutnya,

Bagaimana cara menentukan keyword ?

Mudah saja, google telah menyiapan sebuah tools bernama Google Keyword Planner, tools ini bisa dijadikan alat bantu kita yang sedang membangun strategi pemasaran online, dari sinilah kita bisa merencanakan dan menentukan keyword yang relevan dengan apa yang ktia tawarkan melalui web,

Agar dapat lebih memahami Google Keyword Planner, Baca juga artikel "Cara Menggunakan Google Keyword Planner"

"Google selama ini telah merekam dan menyimpan apa yang diketikkan oleh orang seluruh dunia saat mereka mencari sesuatu.

Rekaman data itulah yang akan dijadikan data untuk mengambil sebuah kesimpulan, tentang apa sebetulnya yang banyak diketikan orang ketika mereka mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

Kemudian data dalam bentuk sekumpulan kata kunci itu dibenamkan kedalam Google Keyword Planner, agar kita bisa memanfaatkannya guna menarget pasar, yang notabene mereka adalah para peselancar atau netizen yang sedang mencari jasa atau produk.

Jadi sekarang, Anda yang sedang membangun pemasaran online sudah paham ya, mengapa kata kunci harus lebih dulu ditentukan daripada menulis contents web itu sendiri, ini tidak lain agar nantinya contents dalam web kita bisa menyesuaikan dengan sekumpulan kata kunci yang telah kita pilih untuk menarget para selancar dan pencari informasi di search engine.

Kemudian, ketika para netizen mencari sesuatu yang berkaitan dengan produk kita, maka web kita sudah relevan dengan kata kunci tersebut, sebab halaman-halaman web yang kita tulis telah merujuk pada kata kunci yang telah kita target.

Menulis Contents Web Sesuai Kata Kunci

Langkah berikutnya setelah kita dapat kata kunci yang target, maka mulailah menulis artikel atau halaman web yang didalamnya terdapat kata kunci itu.

Secara teknis, menulis diweb memang memiliki aturan main tersendiri, karena apabila kita menulis di web, setidak-tidaknya ada 2 (dua) yang membaca.

YANG PERTAMA adalah pengunjung web

YANG KEDUA adalah mesin pencari (search engine) atau yang secara teknis diistilahkan “robots” yang memiliki tugas melakukan crawler atau pengambilan data di web kita secara berkala.

Oleh karena kita juga menghadapi "robots", maka kita yang harus menyesuaikan.

"Robots" itu adalah mesin yang sangat kaku, sehingga kita perlu menjelaskannya secara detil, gamblang dan sesuai ketentuan, agar bisa bisa membantu si"robots" membaca info diweb kita dengan benar, agar kemudian "robots" bisa membawa data web sesuai harapan kita kedalam database search engine, untuk selanjutnya ditampilkan dalam hasil pencarian"

Mengulang Kata Kunci Dalam Sebuah Halaman

Dalam menulis contents web dikenal apa yang dinamakan “Keyword Density” atau kepadatan kata kunci, yaitu jumlah kata kunci yang diulang-ulang dalam sebuah halaman atau artikel.

"Kepadatan kata kunci kisarannya adalah 2-3% dari total jumlah kata yang ada dalam halaman atau artikel web. Jika ada 1000 kata dalam tulisan kita, maka setidaknya ada 20-30 kata kunci yang kita ulang dalam tulisan tersebut".

Kepadatan kata kunci inilah yang akan membuat halaman atau artikel tersebut terdefinisikan memiliki penonjolan kata kunci yang diulang tersebut.

"Tapi ingat ya, ketika artikel kita sudah memenuhi syarat tersebut, tidak akan serta merta secara instan web kita menduduki halaman pertama di google, karena ini hanyalah salah satu syarat agar sebuah web optimal di search engine dari sisi internal web itu sendiri".

Memberikan Format Yang Benar Untuk Judul, Sub Judul & Isi Tulisan

Penyajian tulisan dari web juga harus memenuhi unsur-unsur penekanan, serta aturan atau format pada JUDUL, SUB JUDUL DAN ISI TULISAN.

Dalam judul harus terdapat kata kunci, atau bagian kata kunci yang kita target, demikian juga dengan salah satu sub judul dan isi tulisan, semuanya harus menera kata kunci yang sedang kita target.

Untuk bagian JUDUL haruslah diberikan format H1 dan SUB JUDUL berformat H2 – H6

Apa itu format H1 – H 6 ?

"H1 – H6 adalah istilah yang sedikit teknis, H singkatan dari HEADING, yaitu sebuah format untuk menyatakan itu adalah sebuah JUDUL aatu SUB JUDUL sesuai tingkatannya, semakin besar nilah H maka menjunjukkan sub judul yang lebih dalam hirarkinya".

Ini untuk memberitahukan kepada search engine mana yang JUDUL, mana yang SUB JUDUL dan mana yang ISI TULISAN.

Dalam aplikasi Microsoft Word juga terdapat format H (Hading) ini kan ? coba deh lihat kembali aplikasi Miscrosoft Words di PC kita.

Demikian juga untuk penekanan-penakanan kalimat atau kata, gunakanlah huruf tebal, miring, garis bawah atau warna sesuai dengan porsi tulisan yang kita sajikan.

Manfaatkan Jasa Penulis Artikel

Merasa ribet ya dengan aturan-aturan tersebut ?

Tenang saja, ada jalan lain kok.

"Kami sebetulnya menyarankan agar Anda dapat menulis artikel yang bersumber dari inspirasi Anda sendiri, karena ketika lebih banyak lagi orang yang menuliskan inspirasinya didalam web, maka akan semakin banyak warna ilmu yang terlahir dari inspirasi-inspirasi yang dilahirkan jutaan orang didunia".

Tapi baiklan, jika sementara Anda tidak ingin ribet tapi tetap ingin menjalankan bisnis online, solusinya Anda bisa memanfaatkan jasa penulis artikel untuk menghindari keribetan itu semua.

Jasa penulis content atau artikel sudah mengerti akan rambu-rambu menulis artikel yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh search engine, jadi kita tinggal terima beres dan menayangkannya di web kita

Tapi saran kami, Anda tetap harus tau tata cara penulisan artikel tersebut agar Anda bisa mentransfer pengetahuan itu kepada anak, cucu, kerabat atau teman Anda, agar kedapan Indonesia makin kaya inspirasi melalui hasil karya tulisan.

Mengkampanyekan Website di Media Sosial

Urusan menulis keyword sudah beres, urusan contentspun sudah selesai, saatnya menjalankan strategi pemasaran online berikutnya.

Anda harus mengkampanyekan website Anda !

Dimana kampanyenya ?

Dimana lagi kalau bukan dimedia yang murah meriah, ya....MEDIA SOSIAL atau MEDSOS !

Media sosial merupakan sebuah media yang cukup efektif untuk mengkampanyekan website kita diawal penayangannya, bahkan selama kita menggunakan web sebagai “kendaraan” bisnis online kita.

Search enginepun sudah mengisyaratkan, bahwa web yang kita gunakan untuk pemasaran online harus didampingi oleh media sosial seperti facebook, twitter, google plus, instagram, pinteret, linkedin dan sejeninya.

"Hal ini sebagai penanda, bahwa Anda sebagai pemilik web telah melakukan usaha sosialisasi secara berkesinambungan, dan ini juga menandai bahwa web kita selalu terupdate, karena tidak mungkin kan ketika kita share di media sosial di tahun 2016, sementara informasi yang kita sajikian informasi jadul ditahun 2010, dan jika itu Anda lakukan pastilah orang tidak akan tertarik lagi dengan informasi jadul tersebut".

Mengkampanyekan Website di Media Berbayar

Jika ada dana cukup (atau dicukup cukupkanlan, karena ini juga penting), lakukanlah kampanye di media yang berbayar, seperti google adwords, iklan facebook, twitter, instagram atau media-media lain yang Anda pandang efektif.

"Melalui media iklan berbayar ini, akan mampu mengkampanyekan website kita lebih luas jangakauannya serta cepat, daripada kampanye kita di media sosial biasa, sehingga akan mempercepat orang mengetahui tentang keberadaan bisnis online kita melalui web".

Manfaatkan Google Bisnis

Google Bisnis itu gratis loh, jadi manfaatkanlah agar web kita masuk atau kita daftarkan ke dalam google bisnis, karena produk google yang satu ini cukup efektif agar bisnis online kita melalui web mudah ditemukan.

Gimana caranya agar bisnis kita bisa masuk kedalam google bisnis ?

Simak artikel aja artikel ini untuk mengetahuinya "Cara Mendaftarkan Usaha Kita di Google Bisnis"

Tulisan ini hanya menjelaskan logika dasar dari mekanisme cara melakukan pemasaran online menggunakan web sebagai kendaraan untuk menjalankan bisnis online. Maka Anda tetap harus menyimak teknis-teknis lainnya agar web Anda semakin bisa diandalkan memberhasilkan Anda didunia bisnis online

Selanjutnya, simak juga beberapa Tutorial Internet Marketing ini ya.

NOVEMBER CANDRI ARYA

Taman Century II
Jl Kemuning II Blok H - 3 Bekasi- Indonesia

MARKETING
0812-878-30009
0815-4636-700
0815-4636-700
marketing@dibekasi.net
www.dibekasi.net

facebook twitter google instagram

Jasa Pembuatan Website & Jasa Pembuatan Toko Online

Jasa Pembuatan Website